Sunday, August 16, 2015

Cara Mengetahui Jenis Font Pada Website

hanyadimyblog.blogspot.comDisini saya akan menjelaskan tentang mengetahui font pada website. Nah pernahkah kamu penasaran dengan font yang ada di website ? Pasti pernah bukan ? Jika kita penasaran dengan font yang digunakan oleh sebuah website, ketika kita membuka website dan melihat sebuah tipografi yang menarik biasanya kita ingin mengetahui nama font yang digunakan website tersebut.
Nah biasanya untuk mengetahui font yang digunakan pada suatu website kita biasanya melihat view source halaman website tersebut, lalu melakukan pengecekan pada meta tag, atau dengan membongkar isi file css di website tersebut dan mencari pada properti font-family. Cara lainnya biasanya dengan menggunakan firebug.
Namun semua cara tersebut kurang efektif dan cenderung memakan waktu, ada cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk mengetahui font yang digunakan pada website yang sedang kita buka, yaitu dengan menggunakan Fontface Ninja. Dengan fontface ninja kita cukup mengerahkan cursor pada tulisan yang ingin kita ketahui, maka seketika akan muncul nama font dan ukuran fontnya.

Cara Menginstall FontFace Ninja
Fontface Ninja adalah sebuah extension chrome dan safari (belum tersedia untuk firefox), untuk menginstal extension ini kita harus menggunakan browser (disini saya menggunakan google chrome) lalu buka link ini: FontFace Ninja Extension
1. Klik tombol tambah ke chrome berwarna biru
2. Akan muncul popup, lalu klik Tambahkan
3. Jika sudah, akan muncul notifikasi bahwa extension fontface ninja sudah selesai terinstall

4. Untuk mengujinya kita tinggal membuka sebuah website (pada contoh ini membuka hanyadimyblog.blogspot.com), lalu klik icon ninja yang ada di kanan atas, lalu arahkan cursor pada tulisan yang ada di halaman website.
Nah dari situ kita tahu, bahwa font yang di tulisan "android" adalah Open Sans Bold.


Oke, sekian dari trik saya yang singkat untuk mengetahui font yang digunakan oleh suatu website, semoga bisa membantu anda dan sampai jumpa di trik-trik selanjutnya.


Share this

2 Responses to "Cara Mengetahui Jenis Font Pada Website"

  1. Walah, ternyata cuman gitu aja, ane coba lihat sumber laman, yang ada malah buah pusing kepala ngeliat script segitu banyak..
    trims tutor nya.. sangat membantu

    ReplyDelete